Sabtu, 16 Juni 2012

40 Pramuwisata Diberi Pelatihan Kode Etik Profesi

Sebanyak 40 orang pramuwisata akan mengikuti Pelatihan Tenaga Kepariwisataan dan Kebudayaan yang diadakan oleh Balai Pengembangan Kemitraan. Pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, profesionalisme serta memperhatikan kode etik profesi pramuwisata ini akan diadakan pada 13-15 Juni 2012, di Hotel Apita Kota Cirebon. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Nunung Sobari dalam rilis yang diterima detikbandung, Sabtu (9/6/2012) mengatakan, pelatihan tenaga pramuwisata perlu dilakukan untuk lebih meningkatkan pelayanan dalam menjalankan profesinya guna menunjang kemajuan industri pariwisata Jawa Barat. "Ini salah satu bentuk untuk lebih meningkatkan sumber daya manusia bidang pariwisata yang kreatif dan professional bagi pramuwisata Jawa Barat. Pemerintah dalam hal ini menjadi fasilitator yang mempunyai peran dalam pembinaan dan pelatihan sumber daya manusia salah satunya pelatihan pramuwisata (guide).

Dimana mereka merupakan duta bangsa sebagai mediator penghubung antara wisatawan dan industri pariwisata," ujar Nunung. Pramuwisata diharapkan mampu menjalankan peran sebagai Public Relation dan Marketing Associated dalam industri pariwisata. Oleh karenanya, perlu dibekali dengan penambahan wawasan baik pengetahuan, keterampilan serta informasi yang berkaitan dengan perkembangan industry pariwisata Jawa Barat. "Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Jabar sebagai mitra pemerintah yang merupakan wadah berhimpunnya pramuwisata, yang akan maju bersama atau bersinergi, membantu pemerintah dalam melaksanakan program pariwisata dan kebudayaan serta ikut meningkatkan dan menyemarakkan industri pariwisata Jawa Barat," tuturnya.

Menurut Nunung, globalisasi berimbas pada adanya kompetisi antar bangsa yang menuntut setiap negara untuk menyiapkan strategi dan langkah-langkah yang tepat dalam menghadapi era perdagangan bebas. "Misalnya di bidang pariwisata melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia pariwisata dan pelayanan prima kepada wisatawan," tambahnya. Sementara itu, Kepala Balai Pengembangan Kemitraan, Pelatihan Tenaga Kepariwisataan dan Kebudayaan Moch Kahfi mengungkapkan kegiatan pelatihan ini diselenggarakan untuk menambah wawasan tenaga pramuwisata meliputi, pengetahuan kepariwisataan dan kebudayaan Jawa Barat, keorganisasian etika profesi serta memberikan pelayanan prima bagi wisatawan yang datang ke Jawa Barat. "Selama tiga hari peserta yang akan dilatih sebanyak 40 peserta ini, akan diberikan materi-materi oleh narasumber yang berkompeten dalam bidangnya. Seperti dari STP Bandung, STIEPAR YAPARI, DPD HPI Jabar serta budayawan Cirebon," tutupnya.

Sumber:http://bandung.detik.com/read/2012/06/09/162029/1937118/486/40-pramuwisata-diberi-pelatihan-kode-etik-profesi  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar