Sabtu, 16 Juni 2012

Nonton Beragam Pertunjukan Wayang Jabar di STSI Yuk!


Bandung - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat menggelar 'West Java Wayang Festival 2012'. Acara digelar di Gedung Kesenian Sunan Ambu Sekolah Tinggi Seni (STSI), Jalan Buah batu, hari ini, Selasa (12/6/2012) hingga besok Rabu (13/6/2012).

Menurut Direktur Program Multi Arta Mayida Event Organizer, Koko Sondari, kegiatan ini menampilkan 8 jenis pertunjukan wayang. Selain itu ada juga pameran dan workshop pembuatan wayang dan sarasehan.

Kedelapan jenis wayang tersebut yakni Wayang Cepak Cirebob, Wayang Kulit Indramayu, Wayang Babad Corebon, Wayang Catur Bandung, Wayang Keroncong Bandung, Wayang Kulit Bekasi, Wayang Bambu Bogor dan Dalang Rampak Wayang yang akan menampilkan 25-50 orang dalang.

Melihat deretan pertunjukan wayang di atas, Indonesia memiliki banyak ragam dan jenis wayang. Mulai yang klasik hingga yang sifatnya eksperimen. Namun menurut Koko, keberadaan wayang saat ini hampir punah.

"Ironisnya, meski sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO PBB, tapi kenyataannya secara umum wayang mengalami stagnasi, penurunan, bahkan ada yang punah tanpa sempat terdokumentasikan dengan baik," ujar Koko.

Dengan adanya festival ini, Koko berharap masyarakat bisa mengenal lebih jauh soal jenis-jenis pertunjukan wayang.
Sumber:
http://bandung.detik.com/read/2012/06/12/120534/1938932/486/nonton-beragam-pertunjukan-wayang-jabar-di-stsi-yuk





Tidak ada komentar:

Posting Komentar