Minggu, 11 Maret 2012

Snorkeling di Jakarta? Bisa!


 Snorkeling di Pulau Tidung (Foto: Mutya/okezone)

Atraksi utama saat berwisata ke Pulau Tidung, bagian dari gugusan Kepulauan Seribu, adalah snorkeling. Penduduk pulau ini menyediakan perahu serta penyewaan alat-alat snorkeling dan kamera underwater.

Biasanya, snorkeling tidak dilakukan di perairan sekitar pulau Tidung, melainkan ke tiga pulau di dekatnya, yaitu Pulau Aer, Pulau Payung, dan Pulau Karang Beras. Perjalanan menuju ketiga pulau yang letaknya berdekatan itu kira-kira 30 menit dari Pulau Tidung.

Laut sekitar Pulau Tidung memang masih bersih, namun sayang sedikit demi sedikit sudah mulai terlihat banyak sampah akibat perbuatan wisatawan-wisatawan yang tidak bertanggung jawab.

Sesampainya di lokasi snorkeling, bersiaplah untuk terpesona dengan pemandangan bawah laut di sana. Arus ombak di tiga pulau ini cukup tenang sehingga para perenang pemula ataupun yang tidak bisa berenang tidak perlu khawatir. Apalagi, Anda pasti sudah dilengkapi dengan pelampung sehingga tidak perlu takut tenggelam.

Bagi para perenang yang masih takut, pemandu wisata yang berada dalam perahu dengan senang hati akan membantu mengajari bagaimana cara snorkeling yang aman. "Yang penting tidak panik dan santai saja," kata Ramli, salah seorang pemandu wisata kepada okezone, beberapa waktu lalu.

Saat snorkeling, hati-hati agar tidak menginjak terumbu karang karena lokasi snorkeling ini cukup dangkal, hanya sekira dua sampai lima meter saja kedalamannya. Hati-hati juga tersandung karang atau terinjak bulu babi, karena itu selalu kenakan kaki katak saat snorkeling.

Lokasi snorkeling di Pulau Aer, Payung, dan Karang Beras ini memang masih sangat ramai oleh wisatawan-wisatawan lain. Airnya pun sudah tidak terlalu jernih. Namun, Anda bisa meminta pemandu wisata untuk mengantarkan ke lokasi snorkeling yang lain.

Ketika itu, okezone meminta pemandu mengantarkan ke lokasi lain yang lebih sepi. Jjaraknya hampir 30 menit dari Pulau Aer dan lebih dekat ke Pulau Tidung. Lokasi ini berada di tengah-tengah laut, dengan ombak yang lebih kencang daripada tempat sebelumnya, namun pemandangan bawah laut yang jauh lebih indah.

Terumbu karang yang ada di tempat tersebut lebih beragam dan ikan-ikannya lebih banyak. Ikan-ikan tersebut tidak akan ragu menghampiri Anda, apabila membawa potongan roti untuk dibagikan.

Saat snorkeling di Pulau Tidung, Anda tidak akan merasa masih berada di kawasan Jakarta. Ini merupakan alternatif wisata yang tepat, yang tidak begitu jauh dari ibu kota, namun keindahannya masih terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar